[Pengantar Bisnis Informatika] Aspek Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi
Aspek
Pemasaran
Teknologi
Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh
peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua
aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena
itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang
tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung
pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi,
pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya
perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat
lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.
Teknologi informasi dan
komunikasi dapat dimasukkan sebagai aspek pemasaran suatu produk atau jasa oleh
sebuah perusahaan. Aspek pemasaran pada suatu perusahaan meliputi: Spesifikasi
produk atau jasa, Segmentasi produk atau jasa, Analisis situasi pasar (sesuai
produk atau jasa yang ditawarkan), Analisis pesaing (sesuai produk atau jasa
yang ditawarkan), Strategi promosi, Media promosi berbasis Teknologi Informasi.
Pembahasan aspek pemasaran pada tulisan ini yaitu membahas Media promosi
berbasis Teknologi Informasi.
Gambar
1. Internet Marketing
Pada
era saat ini yang dapat dikatakan era teknologi informasi, maka teknologi
diandalkan dalam berbagai hal untuk mempermudah pekerjaan manusia, seperti yang
akan dibahas pada penulisan ini yaitu peran media promosi berbasis teknologi
informasi. Teknologi informasi dan komunikasi terbukti dapat membuat pekerjaan
manusia lebih efisien, dimulai dari pekerjaan ringan hingga pemasaran suatu
produk atau jasa oleh suatu perusahaan komersil.
Peran media promosi
berbasis teknologi informasi untuk pemasaran saat ini terbilang efektif. Fungsi
dari media promosi berbasis teknologi informasi itu sendiri dapat menghilangkan
batasan-batasan dari strategi pemasaran secara konvensional. Pemasaran berbasis
teknologi informasi memilki kelebihan yaitu penyebaran informasi yang sangat
cepat dan meluas (waktu yang fleksibel dan jarak yang tidak terbatas), dan
menghemat biaya untuk melakukan promosi itu sendiri. Namun pemasaran berbasis
teknologi informasi juga memiliki kekurangan yaitu masih kurangnya pengetahuan
masyarakat pada daerah terpencil akan teknologi, sehingga masyarakat tersebut
tidak dapat menerima informasi yang disampaikan melalui teknologi.
Contoh penggunaan media
promosi berbasis teknologi informasi pada saat ini memiliki jenis yang
berbeda-beda. Dimulai dari pemasaran melalui website guna memberikan informasi
seputar perusahaan tersebut hingga menjual barang ataupun jasa melalui pihak
ketiga seperti platform website jual-beli. Metode pemasaran seperti diatas
dapat dibilang sebagai metode yang efisien karena tidak perlu mengeluarkan uang
yang banyak untuk menyampaikan informasi secara lebih meluas.
Penggunaan media teknologi
informasi juga dapat digunakan untuk membantu melihat minat pasar hingga
memahami kompetitor lebih dalam, karena media teknologi informasi terbilang
terbuka sehingga setiap perusahaan dapat mengetahui harga dari produk atau jasa
dari perusahaan competitor lainnya.

No Comment to " [Pengantar Bisnis Informatika] Aspek Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi "