News Ticker

Menu

[Pengantar Bisnis Informatika] Aspek Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi


Aspek Pemasaran

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimasukkan sebagai aspek pemasaran suatu produk atau jasa oleh sebuah perusahaan. Aspek pemasaran pada suatu perusahaan meliputi: Spesifikasi produk atau jasa, Segmentasi produk atau jasa, Analisis situasi pasar (sesuai produk atau jasa yang ditawarkan), Analisis pesaing (sesuai produk atau jasa yang ditawarkan), Strategi promosi, Media promosi berbasis Teknologi Informasi. Pembahasan aspek pemasaran pada tulisan ini yaitu membahas Media promosi berbasis Teknologi Informasi.


Gambar 1. Internet Marketing


Pada era saat ini yang dapat dikatakan era teknologi informasi, maka teknologi diandalkan dalam berbagai hal untuk mempermudah pekerjaan manusia, seperti yang akan dibahas pada penulisan ini yaitu peran media promosi berbasis teknologi informasi. Teknologi informasi dan komunikasi terbukti dapat membuat pekerjaan manusia lebih efisien, dimulai dari pekerjaan ringan hingga pemasaran suatu produk atau jasa oleh suatu perusahaan komersil.

Peran media promosi berbasis teknologi informasi untuk pemasaran saat ini terbilang efektif. Fungsi dari media promosi berbasis teknologi informasi itu sendiri dapat menghilangkan batasan-batasan dari strategi pemasaran secara konvensional. Pemasaran berbasis teknologi informasi memilki kelebihan yaitu penyebaran informasi yang sangat cepat dan meluas (waktu yang fleksibel dan jarak yang tidak terbatas), dan menghemat biaya untuk melakukan promosi itu sendiri. Namun pemasaran berbasis teknologi informasi juga memiliki kekurangan yaitu masih kurangnya pengetahuan masyarakat pada daerah terpencil akan teknologi, sehingga masyarakat tersebut tidak dapat menerima informasi yang disampaikan melalui teknologi.

Contoh penggunaan media promosi berbasis teknologi informasi pada saat ini memiliki jenis yang berbeda-beda. Dimulai dari pemasaran melalui website guna memberikan informasi seputar perusahaan tersebut hingga menjual barang ataupun jasa melalui pihak ketiga seperti platform website jual-beli. Metode pemasaran seperti diatas dapat dibilang sebagai metode yang efisien karena tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menyampaikan informasi secara lebih meluas.

Penggunaan media teknologi informasi juga dapat digunakan untuk membantu melihat minat pasar hingga memahami kompetitor lebih dalam, karena media teknologi informasi terbilang terbuka sehingga setiap perusahaan dapat mengetahui harga dari produk atau jasa dari perusahaan competitor lainnya.





Share This:

Post Tags:

Hayra Mudji

I'm Hayra Mudji. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " [Pengantar Bisnis Informatika] Aspek Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM